Thursday, October 15, 2020

Apa itu Asuransi mobil comprehensive?

Asuransi mobil comprehensive ini merupakan sebuah asuransi  kendaraan yang dapat melindungi berbagai kerusakan yang disesuaikan dengan ketentuan dan syarat  yang telah tercantum di dalam polis asuransi.

Apa saja yang dilindungi?

Asuransi mobil comprehensive belum bisa melindungi pemilik polis dari beberapa kerugian perluasan seperti perluasan yang banjir, perluasan RSCC (Riot Strike and Civil Commotion)  yang mencakup dari keributan atau tindak kriminal dan perluasan TPL (Third Party Liability) yang merupakan kerusakan yang  disebabkan dari pihak ketiga.

Asuransi mobil comprehensive ini menyesuaikan dengan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor yang ada di Indonesia, perlindungan akan diberikan atas risiko:

Kerusakan yang diakibatkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok; perbuatan jahat; pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362, pasal 363 ayat ke (3), (4), (5) dan Pasal 365  Undang-Undang Hukum Pidana;

Kerusakan karena kebakaran, yang termasuk kebakaran akibat kebakaran benda lain yang berdekatan atau tempat penyimpanan Kendaraan Bermotor; sambaran petir; karena air atau alat-alat lain yang  telah dipergunakan untuk mencegah atau memadamkan suatu kebakaran;

 Kerugian atau kerusakan selama ekspedisi atau penyeberangan. Secara rinci yaitu peristiwa di mana Kendaraan Bermotor yang bersangkutan berada di atas kapal untuk penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, termasuk kerugian dan atau kerusakan yang diakibatkan kapal bersangkutan mengalami kecelakaan.

Pertama Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan TLO itu dan apa manfaatnya.

Pengertian asuransi TLO atau Total Loss Only itu sendiri adalah proteksi penggantian biaya jika kendaraan Anda mengalami kerusakan total  yang berada di atas 75 persen.

Maksud dari hal tersebut adalah bisa kita ambil kesimpulan dari pengertian tersebut, asuransi ini memberikan jaminan suatu pergantian biaya, dalam tanda kutip  jika kamu mengalami kerusakan yang begitu parah yang bisa dibilang 75 persensen dari kerusakan biasa.

Apa yang membuat TLO lebih disarankan untuk perlindungan

Salah satu hal yang jadi alasan untuk memilih asuransi TLO, karena dalam jenis premi yang di bayar bisa dibilang relatif lebih murah dibanding asuransi all risk. Asuransi ini juga lebih disarankan untuk jenis kendaraan bekas yang sudah bisa kita bilang di 10 tahun ke bawah. Contohnya kamu membeli sebuah mobil bekas yang tahun produksinya itu anggap saja 2013 di tahun 2020 ini. nah itu artinya kamu bisa layak menggunakan asuransi tersebut .

Jadi, Harus pilih yang mana?


Jika anda sudah membaca secara seksama terkait simulasi kejadian serta perhitungan premi asuransi mobil TLO dan All Risk. Anda dapat melihat bahwa asuransi mobil All Risk memakan biaya yang lebih tinggi dibandingkan asuransi mobil TLO. Selain dari situasi kejadiannya, ada beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk menentukan asuransi mobil mana yang harus dipilih dan yang baik untuk anda gunakan, diantaranya:

Harga mobil : Apabila harga mobil yang Anda miliki terbilang mahal sehingga butuh biaya yang lumayan sekalipun rusak ringan dan kondisi keuangan tidak memadai, sebaiknya memilih All Risk. Asuransi jenis ini juga cocok bagi usaha rental mobil atau usaha kursus mobil. Sebab risiko sekadar rusak ringan terbilang sangat tinggi.

Frekuensi pemakaian mobil : sesering kamu menggunakan mobil akan menentukan asuransi mobil yang akan dipilih. Jika kamu adalah orang yang menggunakan mobil sehari-hari  atau bukan untuk usaha, otomatis semakin besar kemungkinan terjadi kecelakaan. 

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil Comprehensive yang Perlu Anda Ketahui

Terlebih bila rute yang sering Anda gunakan untuk melakukan perjalanan adalah jalur padat. Untuk kondisi ini, sebaiknya Anda pilih asuransi mobil comprehensive. Namun jika kamu tidak sering menggunakan mobil atau mobil lebih sering melakukan parkir dan tidak suka melakukan perjalanan. Lebih baik Anda memilih asuransi mobil TLO.

Apapun cakupan asuransi mobil yang Anda pilih, sama-sama akan melindungi mobil kesayangan Anda.


0 comments:

Post a Comment

Facebook

Recommended

Popular Posts

Site Stats