Monday, June 11, 2018

Sosial media juga bisa menjadi indikator sebuah generasi

Buat generasi milenial, tentu sangat familiar dengan penggunaan sosial media yang beragam. Setiap orang pasti punya setidaknya satu akun untuk setiap platform yang sedang kekinian, sebut saja tiga platform yang paling populer seperti Instagram, Facebook, dan Ask.fm. Tapi sebelum serangan berbagai macam platform sosial media tersebut, ada lo berbagai macam applikasi sosial media yang memiliki pengguna setianya, ya walau sekarang keberadaannya hanya di ketahui dari mulut ke mulut, tapi tidak di pungkiri sosial media ini pernah menjadi favorit pada masanya.
Setiap sosial media yang pernah hadir sebelum era facebook dan kawan-kawan nya bahkan di gadang-gadang menjadi Indikator sebuah generasi. Kalo sekarang kamu di sebut sebagai generasi milenial karena menggunakan facebook, maka mereka yang menggunakan platform sosmed sebelum facebook pun memiliki sebutan masing-masing. Seperti anak Alay, Sahabat Mirc, bahkan Messenger Warnet. Yang bikin keren nya adalah, zaman dulu kamu bukan di nilai dari banyaknya like dan follower berdasarkan angka lo.

Baca 5 Cara Ampuh maksimalkan instagram biar banyak follow dan like

Penasaran sosial media apa aja yang sempat beken sebelum serangan Facebook dan kawan-kawan, yuk cek dibawah ini.

Sosial Media Yang Sempat Nge Trend Sebelum Adanya Facebook

Yahoo Mail List dan generasi bapak gue

Sebelum adanya google, yahoo merupakan search engine yang cukup ngetrend dikalangan remaja era 2000 an kebelakang. Terutama dengan mail list nya yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk saling bercengkrama, dan jangan lupakan juga yahoo messenger nya untuk keperluan chat.


Yahoo Maillist atau Yahoo Groups adalah semacam platform diskusi yang disediakan oleh yahoo untuk para pengguna yahoo mail yang ingin mencari komunitas berdasarkan minat, mungkin kalau jaman sekarang ini sama seperti Google Plus kali ya. Di dalam mail list ini banyak banget room, mulai dari yang hobi otomotif, collectible item, atau bahkan mencari teman hidup.

Friendster dan awal mula kepo tingkat dewa

Friendster adalah salah satu media sosial yang sangat terkenal sebelum adanya Facebook. Dalam waktu 3 bulan saja, sudah terdapat lebih dari 3 juta pengguna yang aktif dalam setiap bulannya. Media sosial Friendster ini didirikan oleh Jonatan Abrams. Dulu pasti kalau belum punya Friendster, kamu ga bisa gabung sama anak hipster di sekolah, yee kan?


Walau sempat booming, namun friendster terlalu kaku dan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Wal hasil Ia di tinggalkan begitu saja saat orang lagi sayang-sayangnya akibat adanya orang ke tiga yaitu facebook. Eh

Yang kerennya dari Friendster adalah, kita bisa melakukan kustomisasi halaman profile kita sesuai selera, jadi bener-bener kita banget deh kalo di kunjungi sama orang-orang. Apalagi untuk mereka yang bekerja di bidang Design Agency Jakarta, halaman friendster bisa dijadikan portofolio yang kece.

Myspace dan anak musik

Selain Friendster, My Space menjadi salah satu media sosial yang cukup populer di zamannya. My Space didirikan oleh dua orang keren bernama Chris Dewolf dan Tom Anderson. Aplikasi ini sangat populer pada orang-orang yang senang dengan musik. Biasanya para pengguna myspace akan mengunggah kutipan atau potongan musik yang mereka sukai dan membagikannya pada wall.


Sayangnya Pada tahun 2007, My Space mulai kekurangan penggemar karena penggunanya mulai beralih ke Facebook.

miRc dan singkatan prokem

Pernah denger "AslPlz" belum? Kalo sudah, tandanya kamu tua. Mirc merupakan platform sosial media berbasis chat yang dikembangkan oleh Microsoft. Dulu anak-anak komplek suka bilang dirinya hacker kalo udah mainan Mirc.


Mungkin karena kebanyakan ngetik pake singkatan kali yak? Tapi justru Mirc ini memberikan sensasi tersendiri bagi mereka yang pernah menggunakannya. Bayangin bagaimana bisa mereka percaya kalau lawan bicaranya perempuan atau laki-laki hanya berbekal user name dan kata "Asl".hadeuh, ini butuh kemampuan dukun nih.

Nah itu adalah beberapa applikasi sosial media yang sempat menjadi raja pada era nya, kamu sendiri pernah pakai yang mana aja nih? Yuk komentar di bawah.

0 comments:

Post a Comment

Facebook

Recommended

Popular Posts

Site Stats